7 Hal Unik yang Sering di Alami Para Santri Pondok Pesantren

Hal Unik yang Sering di Alami Para Santri Pondok Pesantren

Hal Unik yang Sering di Alami Para Santri Pondok Pesantren. Santri adalah sebutan bagi para murid yang didik didalam lingkungan sebuah pondok yaitu Pesantren, ada beberapa jenis Pondok Pesantren yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Pondok Pesantren Modern dan Pondok Pesantren Salafi. Pondok pesantren ini adalah sebuah sekolahan yang didik untuk mendalami ilmu Agama Islam. 

Untuk sekolah di pondok pesantren biasanya murid atau santri di tuntut untuk tinggal di lingkungan pesantren juga atau biasa kita sebut sebagai asrama, otomatis para santri akan di tinggal oleh orang tuanya masing-masing dan tinggal bersama teman baru yang lainnya di pondok pesantren, akan tetapi tahukah kalian bahwa banyak sekali hal unik yang sering di lakukan para santri di dalam pondok pesantren yang kemungkinan besar jarang di alami oleh para murid di luar pesantren, berikut adalah beberapa hal unik yang sering di lakukan para santri di dalam pondok pesantren :

Hal Unik yang Sering di Alami Para Santri Pondok Pesantren

1. Surat-suratan Antara Santri Putra - Putri

Dijaman yang serba canggih ini sudah enggak jaman banget yang namanya surat-suratan, tapi siapa sangka ternyata para santri masih membudayakan surat-suratan loh. Pada dasarnya kebanyakan surat-suratan ini dilakukan oleh para santri untuk berkomunikasi kepada para santriwati dan sebaliknya. Karna santri juga manusia, mereka juga pasti merasakan jatuh cinta kepada lawan jenisnya. Dan untuk memberikan surat ini biasanya bertempat di kelas mereka masing-masing lalu di berikan kepada orang yang di tuju, atau di titipkan kepada teman orang yang dituju tersebut.

2. Kemana-mana dan dimana-mana Serba Ngantri

Sudah jelas sekali, di dalam pondok pesantren atau asrama kita tidak akan pernah luput dari kegiatan yang namanya "Ngantri" di pondok pesantren semuanya serba ngantri, dari makan, mandi, wudhu dan masih banyak lagi. 

3. Mandi Bareng

Mungkin agak terdengar sedikit aneh, tapi memang kenyataannya banyak sekali para santri yang melakukan kegiatan mandi bareng ini. Mandi bareng ini biasanya di lakukan bagi orang yang sedang buru-buru lain sebagainya. makanya mereka lebih memilih untuk mandi bareng bersama temannya.

4. Makan 1 Piring Berdua atau Lebih

Di pondok pesantren atau asrama memang sangat kental banget kebersamaanya. Kemana-mana selalu bareng bahkan mandipun bareng sampai makanpu juga bareng. Biasanya mereka melakukan makan bareng ini karena ada yang tidak membawa piring, atau masih banyak lagi alasannya.

5. Kangen Orang Tua

Sudah jelas, tinggal di asrama atau pondok pesantren pasti akan jauh dari orang tua. Dan para santripun pasti akan merasakan dimana rasanya ketika ia merasa kangen dengan orang tuanya di rumah, kangen suasana di rumah, kangen adik, kangen kakak dan lain sebagainya.

6. Kehilangan Barang

Sebagian besar para santri pasti pernah mengalami hal yang seperti ini, minimal mereka pasti pernah merasakan kehilangan sendal ketika masuk ke dalam masjid. Tak hanya itu, kebanyakan para santri juga sering mengalami kehilangan pakaian dan lain sebagainya. 

7. Belajar Menghemat Uang Walau Sepeserpun

Karena jauh dari orang tua, otomoatis para santri pasti akan merasa kesulitan ketika ia tidak memiliki uang, paling mentok dia akan meminjam uang kepada temannya. Untuk menghindari hal tersebut (meminjam uang) biasanya para santri akan menghemat uang sekecil apapun untuk manyisakan uang agar uang yang diberikan oleh orang tua mencukupi sampai batas orang tua datang kembali ke pondok pesantren

Demikianlah beberapa hal unik yang sering di alami para santri pondok pesantren, masih banyak hal lainnya yang sering di alami para santri. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga artikel mengenai : Pacaran Ala Santri Masa Kini

0 Response to "7 Hal Unik yang Sering di Alami Para Santri Pondok Pesantren"

Post a Comment