6 Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Tips menjaga kesehatan bayi

Tips menjaga kesehatan bayi. Setiap orang tua pasti bahagia ketika melihat buah hatinya tumbuh sehat dan tidak sakit-sakitan. Merawat dan menjaga kesehatan bayi adalah hal yang mutlak yang harus dilakukan oleh para orang tua dan jadi prioritas utama agar terhindar dari penyakit. Sebagai orang tua juga harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan anaknya, khususnya dalam kesehatan. Karena bayi masih memiliki kekebalan tubuh yang rendah, sehingga membuat dirinya mudah terkena penyakit.

Berikut adalah beberapa cara yang harus dilakukan oleh para ibu untuk menjaga kesehatan bayinya :

1. Menjemur Bayi di Pagi Hari

Menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi penting juga  untuk dilakukan, karena bermanfaat untuk system kekebalan tubuh anak agar  tidak mudah sakit. Menjemur bayi  tidak harus lama, cukup selama 10 sampai 15 menit saja sebelum jam 8 pagi. Karena menjemur bayi bisa menghangatkan tubuh bayi setidak nya 2-3 kali dalam seminggu.


2. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Ketika banyak yang berbicara memandikan bayi dengan air dingin bisa menyehatkan bayi, justru malah  sebaliknya, karena ketika bayi di mandikan dengan air dingin akan membuat system metabolisme tubuhnya menjadi meningkat, sehingga makanan yang masuk ke dalam akan habis dan membuat bayi mudah lemah dan sakit. Jadi, mandikan bayi dengan air hangat dan jangan terlalu lama. Setelah itu usapkan minyak telon agar bayi tetap hangat setelah dimandikan.

3. Secara Rutin Memberikan Vitamin

Nah, selain bayi di beri ASI, bayi juga harus diberi vitamin, berilah vitamin sesuai kebutuhannya, karena vitamin juga sangat bermanfaat untuk bayi. Dengan memberikan vitamin secara rutin, maka kesehatan dan kekebalan tubuh dalam dirinya akan mengingkan dan membuatnya tidak mudah terkena penyakit.

4. Berikan cukup istirahat

Bayi membutuhkan tidur lebih banyak ketimbang orang tua,karena dari tidur itulah tubuh bayi mulai membangun sisitem kekebalan tubuhnya agar tetap baik dan menjadi sempurna. Walaupun terkadang bayi sering bangun ketika di malam hari yang membuat kita merasa terganggu.

5. Konsultasi ke dokter

Walaupun bayi kita terlihat segar bugar, kita tetap harus sering-sering mengecek kesehatannya ke puskesmas terdekat. konsultasilah kepada Dokter mengenai kesehatan bayi kita, karena Dokter lebih tahu segala hal tentang bayi kita.

6. Jauhkan dari asap rokok,dan polusi udara

Sangat jelas sekali, kita sebagai orang dewasa saja harus menjauhkan diri kita dari asap rokok ataupun polusi udara yang biasanya disebabkan oleh kendaraan yang mengeluarkan asap. Apalagi bayi kita yang masih memiliki kekebalan tubuh yang rendah, sangat berbahaya sekali jika kita membiarkan anak kita atau bayi kita selalu mengisap asap rokok atau polusi udara tersebut.

Demikian tips yang harus kita ketahui sebagai orangtua agar kesehatan anak kita terjaga, tapi yang paling penting untuk kesehatan atau kenyamanan bayi adalah kasih sayang dari kita, berikan kasih sayang dan pelukan hangat agar bayi selalu merasa hangat dan selalu dekat dengan kita.
Bayi senang, Ibupun senang.

Baca juga mengenai : Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak

0 Response to "6 Tips Menjaga Kesehatan Bayi"

Post a Comment