Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Tulang Sekalipun untuk Kalian yang Sudah Tua

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Cara Menjaga Kesehatan Tulang. Tulang sangat berperang penting dalam tubuh kita, tulang yang membentuk tubuh kita menjadi indah, tanpa adanya tulang, maka kita akan merasa kesulitan dalam berdiri, kita juga akan merasa kesulitan untuk memegang sesuatu dan masih banyak lagi fungsi tulang yang lainnya.

Tulang yang ada didalam tubuh kita memang harus benar-benar kita rawat dan kita jaga, agar tulang dapat berfungsi dengan normal, Karena banyak sekali dari teman-teman kita yang mengalami gangguan pada tulangnya, salah satunya adalah penyakit Osteoporosis. Bagaimana cara menjaga kesehatan tulang? Berikut adalah beberapa point untuk menjaga kesehatan tulang dalam tubuh kita :

1. Perbanyak Mengkonsumsi Air Susu dan Susu Kedelai

Siapa yang tidak tahu bahwa manfaat besar dari air susu ini. Tentu saja, air susu dapat membantu kita untuk menyehatkan tulang kita yang agar kembali kuat dan berfungsi normal. Karena air susu mengandung Kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

2. Perbanyak Mengkonsumsi Keju atau Yoghurt

Sama seperti susu, Keju atau Yoghurt ini juga memiliki banyak sekali kandungan kalsium yang dapat menyehatkan tulang dalam tubuh kita. Selain itu, keju ataupun yoghurt memiliki rasa yang nikmat sehingga banyak dari orang lain yang menyukainya.

3. Perbanyak Mengkonsumsi Tempe dan Tahu

Di dalam makanan lauk pauk juga terdapat manfaat yang dapat menyehatkan tulang juga, seperti tempe dan tahu. Makanan khas ala Indonesia ini pasti sudah banyak di kenal di berbagai penjuru Indonesia. Jadi rajin-rajinlah untuk mengkonsumsi tempe dan tahu.

4. Memperhatikan Posisi Dukuk

Dalam menjaga kesehatan tulang, kita juga tidak harus berfokus dalam makanan saja. kita juga harus memperhatikan posisi duduk kita, duduklah dengan posisi yang normal dengan punggung yang tegak. Jangan biasakan duduk dengan posisi bungkuk, karena secara perlahan itu semua bisa merusak kesehatan tulang dalam tubuh kita.

5. Rutin Berolahraga

Berolahraga juga sangat berpengaruh sekali dalam kesehatan tulang kita. Semakin rutin kita berolahraga, sama saja seperti kita melatih tulang kita untuk menjadii semakin kuat. Cobalah untuk rutin berolahraga, tidak perlu olahrada yang berat seperti bermain bola, berawal dari yang ringan juga bisa, seperti lari santai di pagi atau di sore hari.

6. Rutin Menaiki Tangga

Beruntunglah kalian yang memiliki sekolah atau kantor yang ruangannya di lantai atas. Karena kalian bisa sambil melatih tulang-tulang kalian menjadi lebih sehat dan kuat. Mengapa harus menaiki tangga? karena dengan menaiki tangga tulang akan bekerja lebih keras dari pada hanya berjalan biasa, yang mengakibatkan kekuatan tulang meningkat secara perlahan.

7. Tidur dengan Posisi dan Kasur yang  Nyaman

Pernahkan kalian merasa ketika bangun dari tidur, badan kalian terasa sangat pegal-pegal. Itu semua karena posisi kalian kurang diperhatikan. Posisi tidur yang nyaman adalah dengan menggunakan kasur yang empuk dan posisi kepada di atas bantal yang tidak terlalu tinggi namun empuk dan juga posisi mengarah ke bagian kanan tubuh, seperti sunah Rasul yang terbukti baik dalam hal medis.

8. Jangan Menekan Tulang Hingga Bunyi

Biasanya hal yang akan kita lakukan ketika kita merasa pegal adalah dengan menekan jari hingga bunyi, ada juga yang memutar punggungnya hingga bunyi dan masih banyak lagi. Semua hal tersebut pada dasarnya sangatlah tidak dianjurkan, karena hanya akan merusak tulang-tulang kalian.

9. Jangan Memaksakan diri untuk Membawa Barang Terlalu Berat

Walaupun membawa barang yang berat juga dianjurkan dalam menjaga kesehatan tulang, tapi kita tidak boleh memaksakannya. Jika kita mengangkat barbel dengan berat yang kita mampu, tidak masalah, namun jika kita mengangkatnya dengan memaksakannya akan menjadi permasalahan dalam tulang kita. 

10. Mengkonsumsi Vitamin atau Suplement 

Suplement juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan tulang kita. Saat ini banyak sekali suplemen yang tersedia di supermarket terdekat atau di toko obat lainnya. Carilah suplement yang kalian inginkan. Tapi ingat, jangan pernah bergantung hanya pada suplement, karena suplement hanya membantu saja. Harus tetapi diiringi dengan olahraga yang rutin.

Demikianlah beberapa cara untuk menjaga kesehatan tulang. Menjaga kesehatan tulang sangatlah penting, sehingga kita harus benar-benar menjaganya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga artikel mengenai : Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru.

0 Response to "Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Tulang Sekalipun untuk Kalian yang Sudah Tua"

Post a Comment