8 Hal Kecil Ini, Bisa Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda Tanpa Biaya Sepeserpun

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan pada Tubuh

8 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan pada Tubuh. Pencernaan yang berada pada tubuh adalah hal yang sangat penting untuk kita jaga, karena kinerja mereka sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Tidak sedikit orang yang meninggal dunia disebabkan oleh sistem pencernaan yang tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu penting bagi kita untuk merawat dan menjaga segala bagian pencernaan yang ada didalam tubuh kita.

Biasanya sistem pecernaan dalam tubuh kita bisa saja tidak berfungsi dengan baik akibat makanan yang kita konsumsi. Jadi, banyak sekali yang harus kita perhatkan untuk menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh kita. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh kita :

1. Makan dengan Teratur


Mengkonsumsi makanan dengan teratur, dapat membantu pencernaan dalam tubuh kita untuk berfungsi lebih baik lagi. Jika kita mengkosumsi makana dengan cara yang tidak teratur, maka kinerja sistem pencernaan dalam tubuh kita belum tentu berjalan dengan baik. 

2. Jauhi Makanan yang Mengandung Minyak Berlebihan

Dalam memilih makanan atau lebih tepatnya jajanan, kita harus bisa memilah mana makanan yang baik untuk di konsumsi atau makanan yang tidak baik di konsusmsi, khususnya dari segi minyak yang berada dalam makanan tersebut, seperti gorengan. Jika kita perhatikan, hampir di setiap gorengan yang biasa kita lihat, banyak sekali minya-minyak yang masih menempel pada gorengan tersebut, selain itu minyak yang digunakannya juga sudah tidak bersih lagi. Karena digunakan untuk memasaka gorengan secara bergantian.  Pada dasarnya, minyak yang sudah dimasak sebanyak 3 kali, harus diganti dengan yang baru, karena mengandung banyak sekali zat yang tidak baik untuk di konsumsi.

3. Memperbanyak Makanan yang Berserat Tinggi

Mengkonsumsi makanan yang memiliki serat yang tinggi juga sangat membantu sekali untuk kesehatan pada pencernaan kita. Makanan yang memiliki serat yang tinggi seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan lain sebagainya. Mengkosnsumsi makan dengan serat yang tinggi juga mengurangi terjadinya sembelit dan masih banyak lagi manfaat yang dapat dihasilkan.

4. Berolahraga Secara Teratur

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, berolahraga dengan cara yang teratur juga dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan pencernaan yang ada pada tubuh kita. Masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapatkan jika kita rajin dan teratur berolahraga. Jika kalian sedang sibuk dan tidak sempat melakukan olahraga yang berat seperti bermain futsal atau sebagainya, kalian bisa melakukan lari-lari kecil di tempat atau berkeliling komplek rumah di pagi atau di sore hari. Tidak ada alasan untuk tidak bisa melakukan olahraga.

5. Membatasi Diri untuk Mengkonsumsi Lemak yang Berlebihan

Sama seperti poin yang ke 2, kita harus bisa membatasi diri kita dari mengkonsumsi lemak. Sebagian lemak terdapat pada minyak goreng yang biasa kita gunanakn untuk memasak, jadi usahakan untuk memperhatikan minyak goreng yang kita gunakan dalam memasak, jangan sampai menggunakannya untuk menggoreng makanan berkali-kali. Kita juga bisa memilih minya goreng yang baik dari berbagai minyak goreng yang lainnya.

6. Hindari dari Merokok dan Meminum Alkohol

Sudah sangat jelas sekali, bahwa dengan merokok dan meminum minuman alkohol adalah perbuatan yang percuma dan tidak bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kalian juga harus bisa menjaga jarak kepada teman kita yang sedang merokok, karena asap yang ia keluarkan akan sangat berbahaya jika kita menghisapnya, bahkan lebih berbahaya dari perokok sekalipun.

7. Sering - sering Mengkonsumsi Air Mineral

Dengan meminum air mineral yang cukup, banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan, kita bisa menjaga kesehatan jantung kita, kita juga bisa menjaga kesehatan paru-paru kita dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam 1 hari minimal kita harus meminum air mineral sebanyak 14 Liter atau sebanyak 8 buah gelas yang besar.

8. Jangan Terlalu Banyak Fikiran

Banyak fikiran juga akan sangat mengganggu kinerja pencernaan pada diri kita. Maka dari itu usahakan untuk tidak terlalu banyak memikirkan sesuatu hal apa saja, apalagi hal yang sangat tidak penting seperti galau karena diputuskan pacar dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa cara untuk menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh kita. Ingat, menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh kita sangat berpengaruh sekali pada kehidupan kita. Jika kita tidak bisa menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh kita, tidak menutup kemungkinan bisa mengakibatkan kematian juga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel kami mengenai cara menjaga kesehatan lambung.

0 Response to "8 Hal Kecil Ini, Bisa Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda Tanpa Biaya Sepeserpun"

Post a Comment