10 Cara Menjaga Kesehatan Otak, Agar Fikiran Jernih dan Selalu Positif

Cara Menjaga Kesehatan Otak

Cara Menjaga Kesehatan Otak. Didalam tubuh kita ini memiliki beberapa bagian penting yang membuat tubuh kita selalu hidup sehat dan normal. Salah satu bagian yang penting adalah otak. Otak adalah salah satu bagian dalam tubuh kita yang berada didalam kepala kita yang berfungsi untuk membantu kita dalam berfikir, mengingat sesuatu dan lain sebagainya. Maka dari itu kita harus benar-benar bisa memanfaatkan otak tersebut untuk melakukan hal yang posisif salah satunya menghafal Al-Qur'an.

Pastinya otak yang kita miliki juga harus bisa kita jaga kesehatannya. Karena banyak sekali orang yang menjadi gila karena tidak bisa menjaga kesehatan otaknya, bahkan ada juga yang mengalami kanker otak. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan otak kita dengan cara mengkonsumsi beberapa makanan yang memiliki zat baik untuk otak dan ada juga cara untuk menjaga kesehatan otak dengan melakukan beberapa hal kegiatan. Berikut adalah berapa cara menjaga kesehatan otak dalam tubuh kita :


Cara Menjaga Kesehatan Otak dengan Mengkonsumsi Makanan Bergizi

1. Mengkonsumsi Teh Hangat

Jika kalian ingin merasakan betapa nikmatnya meminum teh hangat, cobalah untuk meminum teh hangat di pagi hari, resapilah teh tersebut ketika kalian meminumnya. Pasti sangat terasa melegakan, baik di dalam tubuh maupun di dalam kepala. Karena teh hangat mampu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga otak merasa lebih segar dan fresh. Meminum teh hangat akan lebih terasa nikmat jika di konsumsi di pagi hari dan malam hari.


2. Mengkonsumsi Omega 3

Kini banyak sekali suplement untuk membantu kepintaran anak yang beredar di toko obat, dan hampi semua suplement tersebut mengandung Omega-3 didalamnya, itu semua karena omega-3 mengandung zat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak dalam tubuh kita. Salah satu omega-3 yang bisa kita dapatkan yaitu dari minyak ikan.


3. Mengkonsumsi Air Putih

Air putih atau bisa kita sebut air mineral ini juga memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh kita, agar tubuh kita dapat melakukan kinerjanya lebih baik, salah satunya adalah di bagian kepala kita yaitu otak, yang membantu otak untuk mudah berfikir dan lain sebagainya.


4. Mengkonsumsi Kunyit

Kunyit yang biasa kita jadikan sebagai rempah-rempah untuk masakan juga dapat membantu kesehatan dalam tubuh kita. Selain itu mengkonsumsi kunyit juga dapat mengatasi otak kita dari penyakita Alzheimer. Menurut Wikipedia, Alzheimer adalah bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua.


5. Mengkonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Pastinya, dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan ini juga dapat membantu kesehatan otak dari dalam tubuh kita. Rajinlah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, bukan hanya untuk menjaga kesehatan otak saja, melainkan untuk menjaga kesehatan tubuh yang lainnnya.


6. Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga memiliki khasiat yang sangat penting namun banyak yang tidak mengetahuinya, yaitu dapat menjaga kesehatan otak dalam tubuh. Maka dari itu rajin-rajinlah untuk mengkonsumsi kacang-kacangan misalnya seperti bubur kacang ijo,susu kedelai dan lain sebagainya.


Cara Menjaga Kesehatan Otak

Cara Menjaga Kesehatan Otak dengan Melakukan Beberapa Kegiatan

1. Jangan Sering Bergadang

Bergadang tidak hanya berpengaruh dalam penurunan imun tubuh saja, melainkan dapat menjaga kesehatan otak juga. Maka dari itu kita harus menjaga pola waktu tidur kita. Tidur yang ideal dalam 1 malam yaitu selama 6 jam. Usahakan untuk tidak terlalu sering bergadang. Namun jika kalian terpaksa untuk bergadang karena beberapa hal penting, minimal kalian harus sering meminum air putih, karena dengan meminum air putih maka otak kalian akan lebih terjaga kesehatannya.


2. Rajin Berolahraga

Berolahraga selain dapat menjaga kesehatan tubuh kita, ternayata dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan otak kita juga, Jika kalian dalam keadaan sibuk yang memungkinkan kalian untuk tidak bisa berolahraga, maka kalian bisa melakukan olahraga ringan secara perlahan, salah satunya yaitu dengan lari kecil ditempat.


3. Pergi untuk Berlibur

Otak manusia memang memiliki kapasitas yang sangat besar sekali, akan tetapi kemampuan di tiap orang pastinya berbeda-beda, jika kalian memang sudah benar-benar merasakan capek dalam berfikir, kalian bisa beristirahat atau menangkan fikiran dengan cara berlibur. Pergilah ketempat yang akan membuat otak kalian fresh seperti pantai, bukit  atau sebagainya. Agar setelah itu, otak kalian bisa berfikir lebih fresh lagi.


4. Rajin Mengatur Pernafasan 

Maksud dari rajin mengatur pernafasan disini yaitu kalian bisa mencoba untuk melakukan pernafasan otak dengan cara menarik nafas dalam-dalam, kemudian tahan untuk beberapa detik sambil membayangkan bahwa segala fikiran negatif dalam kepala kita hilang terbawa hembusan udara yang kita keluarkan melalui mulut tadi.


5. Berhenti Merokok Apalagi Narkoba

Sudah sangat jelas sekali, selain berbagai untuk kesehatan Paru-paru, bahwa mengkonsumsi rokok sudah sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan otak kita, terlebih lagi narkoba. Maka dari itu sebisa mungkin kita harus berusaha untuk berhenti dari merokok ataupun narkoba, atau sejenisnya.

Demikianlah beberapa cara untuk menjaga kesehatan otak. Otak sangatlah berharga bagi kehidupan kita, tanpa adanya otak yang sehat dalam diri kita, maka segala fikiran yang kita miliki akan tidak sehat juga alias Gila. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga artikel mengenai : Cara Menjaga Kesehatan Jantung

0 Response to "10 Cara Menjaga Kesehatan Otak, Agar Fikiran Jernih dan Selalu Positif"

Post a Comment