Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak. Anak kecil pada dasarnya memang sangat rentan sekali terhadap segala macam penyakit, karena imun tubuh yang dimiliki anak kecil masih belum kuat seperti kita. Maka dari itu kita harus benar-benar menjaga kesehatan anak kita. Salah satu penyakit yang biasanya sering dialami anak-anak kecil adalah penyakit gigi. Karena kebanyakan anak kecil suka sekali dengan makanan yang berbau gula, seperti permen dan masih banyak lagi yang dapat menyebabkan anak kecil mengalami sakit gigi.

Cara merawat kesehatan gigi anak kecil pun tidak lah mudah, kita harus bisa merayu anak kita agar dapat menjauhkannya dari segala macam hal yang manis-manis atau yang terbuat dari gula dan yang lainnya. Ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya sebagai berikut :

1. Berilah Vitamin yang Membuat Anak Nafsu Makan

Biasanya anak kecil lebih suka ngemil atau makan makanan yang manis dari pada makan pokok seperti nasi atau sebagainya, dengan memberinya vitamin yang membuat anak nafsu makan tersebut, maka secara perlahan akan membuat anak kita lebih memilih makan nasi dari pada makan yang berbagau gula.

2. Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Menyikat gigi juga dapat membantu anak kita dalam menjaga kesehatan giginya, dengan menyikat gigi yang rajin sebelum tidur maka dapat menghilangkan berbagai jenis kotoran dan kuman yang terdapat di dalam gigi anak kita sehingga gigi anak kita akan lebih terjaga. 

3. Berikan Anak Sikat Gigi yang Sesuai dengannya

Jika anak yang kita miliki sudah memiliki umur yang tergolong besar atau dewasa, cobalah untuk mengajarkannya menyikat giginya sendiri, dengan demikian kita tidak perlu repot lagi untuk menyikat gigi anak kita. Selain itu, alangkah baiknya jika kita juga memberikan sikat gigi yang membuatnya merasa nyaman, sehingga anak kita secara perlahan akan senang menyikat giginya sendiri.

4. Sediakan Obat Kumur untuk Membersihkan Gigi Khusus untuk Anak Kecil

Kini sudah banyak sekali obat yang tersedia untuk membantu kita dalam menjaga kesehatan. Khususnya obat kumur untuk anak kecil yang berguna untuk membersihkan plak-plak kotoran yang masih menempel pada gigi dan gusi pada mulut kita yang giginya baru saja disikat.

Demikianlah berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan gigi anak kecil. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel mengenai cara menjaga  Makanan yang Membuatmu Awet Muda.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak"

Post a Comment