5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru. Paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh kita yang memiliki fungsi sangat penting bagi kita, salah satu fungsinya yaitu dapat menghirup udara segar atau oksigen dan di keluarkan kembali dalam bentuk karbondioksida dan uap air. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Paru-paru kita gunakan sebagai alat untuk pernapasan kita, tanpa adanya Paru-paru kita pasti akan merasa kesulitan untuk bernafas.

Maka dari itu kita harus bisa menjaga kesehatan Paru-paru dengan benar agar Paru-paru yang kita miliki berfungsi dengan normal dan sehat.  Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan Paru-paru dengan benar dan alami :

1. Olahraga dengan Rutin

Semua orang juga pada dasarnya sudah tahu bahwa dengan berolahraga juga kita bisa menyehatkan Paru-paru dalam tubuh kita dengan mudah.  Karena dengan berolahraga, secara tidak langsung kita sudah melakukan pernafasan lebih cepat dari biasanya yang membuat Paru-paru dalam tubuh kita menjadi sehat.

2. Makanan yang Berserat

Selain dengan berolahraga, kita juga bisa menyehatkan Paru-paru kita dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki vitamin dan protein lebih besar yang akan membantu pertumbuhan Paru-paru lebih sehat lagi.

3. Jangan Merokok

Jika kalian ingin membuat paru-paru yang sehat maka janganlah untuk sesekali mencoba menghisap rokok, karena sudah jelas bahwa dengan merokok paru-paru kalian akan rusak dan bahkan bisa menyebabkan penyakit kanker paru-paru dan masih banyak lagi penyakit yang akan kita alami jika kita merokok. Tidak hanya itu, perokok pasif juga dapat membahayakan paru-paru kita, maksud dari perokok pasif adalah orang yang tidak merokok tapi sering menghisap asap rokok bekas dari orang lain yang merokok, bahkan akan lebih berbahaya bagi perokok pasif.

4. Jangan Terlalu Sering Menghisap Debu

Sama seperti asap rokok, paru-paru kita akan cepat rusak dan sakit jika kita sering menghirup udara kotor seperti debu ataupun yang lainnya. Biasanya secara tidak sadar kita sudah banyak menghirup udara kotor ketika dijalan raya, jadi usahakan untuk menggunakan masker ketika kalian berada di jalan raya atau ketika sedang mengendarai motor.

5. Lari Pagi dan Sering Melakukan Olahraga Pernafasan

Udara ketika dipagi hari memang sangat menyagarkan, selain menyegarkan udara dipagi hari juga memiliki udara oksigenn yang bersih dan menyehatkan, oleh karena itu sangat dianjurkan bagi kita untuk melakukan lari pagi secara rutin dan kemudian melakukan olahraga pernafasar agar paru-paru kita sehat dan berjalan dengan normal.

Demikianlah beberapa cara untuk menyehatkan paru-paru kita secara alami dan mudah. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita dijauhkan segala penyakit khususnya penyakit paru-paru. Baca juga artikel mengenai cara menjaga kesehatan Lambung.

0 Response to "5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru "

Post a Comment